6/21/2015

Kolang-kaling, Segar dan Bermanfaat

Manfaat Kolang kaling


menu segar buka puasa
buah kecil, kaya manfaat

Pada bulan-bulan yang lain, Kolang-kaling tidak selaris saat bulan Ramadhan. Sebagaimana yang kita tahu, kolang-kaling sering menjadi salah satu isian dari menu minuman buka puasa, yaitu Kolak. Biasanya isi dari kolak itu adalah kolang-kaling, pisang kepok,, terkadang diisi dengan ketela. Namun selain sebagai isian dari kolak, tahukah bahwa kolang-kaling bermanfaat bagi kesehatan?

Kolang-kaling yang bernama glibbertjes yang dalam bahasa Belanda berarti "benda-benda licin kecil" ini sesungguhnya kaya manfaat. Ia dapat menghentikan nafsu makan, memberikan rasa kenyang dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun. Hal tersebut membuat kolang-kaling cocok menjadi makanan diet. 

Selain itu, olahan buah aren ini rasanya sungguh menyegarkan. Ia dapat membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Tambah lagi kolang-kaling bagus buat mereka yang mengalami sakit persendian. Ia mengandung zak galaktomanan yang dapat meredakan bahkan menyembuhkan radang sendi yang banyak diderita. Cara mengkonsumsinya cukup direbus hingga masak sebanyak 10 buah per hari. 

Banyak testimoni dari sahabat dan keluarga yang melakukan terapi kolang-kaling ini untuk menyembuhkan radang sendi yang mereka rasakan. Dan hasilnya sungguh memuaskan. Selain karena memang ampuh meredakan dan menyembuhkan, harga kolang-kaling sangat terjangkau dan ekonomis dibandingkan dengan obat kimia yang harganya cukup tinggi.

Kandungan seratnya juga cukup tinggi. Sehingga kolang-kaling tepat untuk menjauhkan kita dari susah buang air besar, sembelit bahkan diare sekalipun. 

menu segar buka puasa
kolang-kaling siap olah

Kolang-kaling juga kaya kalsium. Dari 100 gram kolang-kaling, ia mengandung 91mg kalsium. Bandingkan dengan susu sapi murni yang per 100 gramnya mengandung 125mg kalsium. Sehingga buah putih kenyal segar ini dapat menjadi alternatif pengganti susu untuk mendapatkan kalsium yang sangat bagus untuk kesehatan, perkembangan dan kekuatan tulang.

Sehingga dengan mengkonsumsi kolang-kaling 10 butir per hari, kita telah menjaga kesehatan pencernaan, tulang, persendian, menambah serat dan kalsium, serta memuluskan program diet karena rendah kalori. Berbeda halnya dengan susu sapi yang kaya kalsium namun berkalori tinggi, sehingga berdampak pada kegemukan.

buah aren dikukus/direbus. Kolang-kaling siap diambil

Kolang-kaling mudah didapat. Pasar-pasar tradisional menjualnya, baik kolang-kaling mentah maupun yang sudah diolah dengan warna-warna pangan yang memikat. Harga perkilo juga murah. Kisaran 14 ribu untuk satu kilo kolang-kaling.

Alam sudah menyediakan makanan yang enak, lezat, segar serta bermanfaat bagi tubuh dan kesehatannya. Nikmat Tuhan yang mana lagi yang hendak kamu dustakan.

manfaat kolang kaling
pohon Aren penghasil kolang-kaling.

menu segar buka puasa
Aren muda. Siap rebus dan diambil kolang-kalingnya.
olahan kolang kaling
Kolang-kalingnya di dalam. Silahkan dicari, eh disruput



SHARE THIS

Author:

0 komentar: